Jumat, 06 Februari 2009

Longsor di Tembagapura, Renggut Dua Nyawa

Kami Sangat Mengharapkan Komentar Anda-Tentag Longsor Tembagapura Papua Ini.Benar Kah Akibat Cuaca Atau Kah Akibat PT.Freeport Indonesia ?

YOGYAKARTA-(Deskpapuabarat.pos)- Dua warga Kampung Kimbeli Distrik Tembagapura meninggal dunia akibat longsor yang menimpa pemukiman mereka, Selasa (3/2) petang sekitar pukul 06.50 WIT. Menurut Vice President PT.Freepor Indonesia bidang Community Realition, Demianus Dimara, bencana longsor yang terjadi di Kimbeli akibat curah hujan yang sangat tinggi dalam satu pekan terakhir.

Kedua warga yang meninggal yaitu Rina Murib (65) dan bayinya yang baru berusia empat bulan. Keduanya merupakan warga Kampung Kmbeli, Distrik Tembagapura.

"Memang benar tadi malam ada bencana longsor di Kimbeli yang mengakibatkan dua warga meninggal," kata Dimara dalam sambutannya saat menghadiri acara pergantian Satgas Amole V kepada Satgas Amole VI di Kuala Kencana.

Setelah kejadian, warga setempat dengan dibantu petugas penyelamat dan security Freeport serta aparat Polsek Tembagapura mengevakuasi korban ke RS Tembagapura.

Kapolres Mimika AKBP Godhelp C Mansnembra kepada wartawan usai mengikuti upacara serah terima Dansatgaspam Amole II di Kuala Kencana Rabu(4/2) membenarkan kejadian tersebut.

Menurut Kapolres lokasi longsor terjadi di Kampung Kimbeli dibelakang kantor Koramil Tembagapura yang jaraknya dekat dengan kota Tembagapura.

Kapolres menjelaskan, longsor terjadi pada jam 06.50 Selasa (3/2), karena selama beberapa hari curah hujan cukup tinggi, dan lokasi longsor memang merupakan daerah rawan longsor karena perbukitan yang cukup terjal. Bahkan bagi warga yang tinggal dilokasi tersebut sudah sering peringatan agar berhati-hati.

Dua warga yang tewas bernama Rina Murib (25) dan bayinya yang baru berumur 2 bulan. Jenasah korban baru dapat dievakuasi Tim Rescue PT Freeport bersama aparat Kepolisian Polsek Tembagapura pada jam 24.00 wit, terlambatnya evakuasi korban karena cuaca buruk dengan kabut tebal serta lokasi yang cukup sulit. Tim Rescue sangat berhati-hati karena ditakutkan akan terjadi longsor susulan, karena hujan masih terus berlangsung,ungkap Kapolres.

Jenasah dua korban longsor usai dievakuasi tim Rescue PT FI, pihak keluarga langsung disemayamkan di rumah duka di Kampung Kimbeli, dan Rabu (4/2) akan dikebumikan.

“ Saat kejadian saya bersama rombongan Kapolda Papua, Irjen Pol Drs FX Bagus Ekodanto bersama perwira tinggi Polda Papua sedang melakukan kunjungan ke Tembagapura,” jelas Mansnembra.(husyen)

Selengkapnya di : papuapos

Tidak ada komentar: